Pentingnya Pupuk Hayati Mikroza Bagi Tanaman

Tanah sangat kaya akan keragaman organisme. Salah satunya adalah mikroba. Tanah yang subur mengandung hampir seratus juta mikroba per gram tanah. Mikroba memiliki begitu banyak manfaat bagi tanaman. Organisme mikroskopis ini mampu menyuburkan tanah, melindungi akar dan tanaman dari hama maupun penyakit, menstimulir perkembangan akar dan menyediakan serta menyerap unsur hara bagi tanaman. Ada tiga unsur hara yang penting bagi tanaman, yaitu Nitrogen (N), Fosfor (P) dan Kalium (K). Unsur N tersedia begitu banyak di udara, namun tidak dapat langsung diolah oleh tanaman sehingga memerlukan bantuan mikroba untuk menangkap N dalam udara dan diolah menjadi bentuk yang dapat diserap langsung oleh tanaman. Kemudian, mikroba membantu melarutkan K menjadi ion K+ agar dapat diserap tanah. Untuk unsur P biasanya langsung tersedia di tanah. Akan tetapi P terikat dengan mineral pada tanah dan tidak dapat langsung diambil oleh tanaman. Maka dari itu, mikroba membantu melepaskan P dari mineral liat dalam tanah. Mikoriza salah satu mikroba yang bersimbiosis dengan akar tanaman dan berperan untuk melepaskan unsur P.

Ada dua jenis Mikoriza yang dipakai dalam biofertilizer, yaitu ektomikoriza dan endomikoriza. Ektomikoriza merupakan mikoriza yang hifa jamurnya tidak menembus akar atau hanya pada bagian epidermis saja dan biasanya ditemukan pada tanaman-tanaman keras atau tanaman berkayu saja. Sedangkan endomikoriza merupakan mikoriza yang hifa jamurnya menembus hingga bagian korteks akar, umumnya dapat ditemukan ditanaman yang berkayu ataupun tidak. Mikoriza sangat berperan untuk melarutkan P dan penyerapan hara P pada tanaman.

Tanaman yang bersimbiosis dengan mikoriza cenderung lebih tahan akan kekeringan dibandingkan tanaman lain. Hal itu terjadi karena hifa eksternal mikoriza mampu menyusup ke pori kapiler sehingga penyerapan air oleh tanaman yang bersimbiosis dengan mikoriza meningkat. Dan juga membantu memelihara air pada jaringan tetap tinggi meskipun kondisi kurang air. Selain itu, penggunaan mikoriza cenderung lebih aman untuk lingkungan karena tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Gromaxx Zakti merupakan salah satu rangkaian Gromaxx organic series dengan formula yang berisikan propagule mikoriza abskular yang membantu mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas hasil panen. Fungsi utama dari produk ini yaitu meningkatkan penyerapan air dan nutrisi tanaman, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama maupun penyakit serta mampu meningkatkan kualitas ataupun kuantitas hasil panen.

Gromaxx Zakti mudah diaplikasikan pada tanaman dan tidak menyebabkan efek samping. Gromaxx Zakti bisa digunakan pada berbagai jenis tanaman. Termasuk komoditi seperti sayur, jagung, buah, mapun padi. Gromaxx Zakti dapat menjadi solusi bagi petani untuk mendapatkan hasil yang melimpah. Dengan memberikan Gromaxx Zakti secara teratur dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap hama serta memperkecil risiko gagal panen. Gromaxx Zakti juga telah terbukti aman bagi kesehatan manusia sehingga tidak perlu khawatir tanaman terkontaminasi.