Kutu Air untuk Cupang Si Ekor Cantik

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan cupang, bahkan mungkin sedari masa kecil Anda sudah mengenalnya. Ikan primadona ini terus menjadi trend bahkan pada satu tahun terakhir trend ikan cupang melonjak dengan tajam. Ikan cupang terkenal akan siripnya yang lebar dengan warnanya yang cantik. Meski memiliki penampilan yang serupa. Namun, jenis ikan cupang ternyata cukup beragam, dilihat dari warnanya, bentuknya, maupun ekornya. Dan tidak tanggung-tanggung, harga ikan cupang pun bisa mencapai harga jutaan.


Memberi pakan cupang menjadi hal yang penting agar ikan tetap sehat dan cantik. Salah satu pakan alami yang cukup umum diberikan kepada ikan cupang adalah Kutu Air atau biasa disebut kutir. Ya, ternyata kutu air yang merupakan jenis udang renik ini biasa dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Ada dua jenis kutu air yang mudah ditemukan, yaitu daphnia maupun monia. Semua fase kutu air dari larva hingga dewasa dapat diberikan pada ikan cupang. Kutu air mengandung karetonoid yang dapat meningkatkan kualitas pigmen yang terdapat pada epitel tubuh cupang. Selain itu, dapat meningkatakan daya tahan tubuh ikan cupang. Fungsi lain dari pemberian pakan kutu air yaitu mampu meningkatkan tingkat fekunditas atau jumlah telur. Istimewanya lagi, pemberian kutu air juga bisa memperkuat tulang dan mempercantik warna cupang. Kutu air merupakan pakan ikan yang memiliki
kandungan protein cukup tinggi sehingga bisa membuat sirip cupang kian menawan. Pemberian kutu air bisa dilakukan sejak Cupang berusia 3 hari.


Bagi Anda pecinta ikan cupang, tidak perlu repot membeli kutu air. Anda bisa mengembangbiakkannya sendiri. Pengembangbiakan kutu air pun sangat mudah, yang Anda butuhkan hanya bibit kutu air, wadah, air, dan pupuk kandang sebagai makanan. Kutir jenis ini dapat ditemukan di alam terbuka khususnya sangat mudah ditemukan di kebun produksi Biotech. Jika Anda masih bingung, Anda bisa langsung bertanya dengan ahlinya di Biotech.
Di Biotech Anda bisa belajar bagaimana cara membudidayakan kutu air. Jika ditekuni secara serius, budidaya kutu air dapat pula dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan lho..

Antara 7-11 hari, kutu air sudah dapat dipanen. Nah, Ketika saatnya panen, Anda hanya tinggal mengambil kutu air dengan jaring halus saja. Lalu cuci hingga bersih. Jika panen Anda melimpah, Anda bisa juga menjualnya secara online maupun offline. Kutu air banyak dicari oleh para pebisnis ikan hias maupun orang-orang yang memelihara ikan hias sebagai hobi.