Demplot Gromaxx di Patuk Gunungkidul Tingkatkan Produksi Kedelai Hingga 58 Persen

Yogyakarta (PT BIOTEK CIPTA KREASI) - Program Demonstration Plot (Demplot) yang dilakukan dengan menggunakan Gromaxx berhasil meningkatkan produktivitas kacang kedelai sampai 58 persen. Program ini telah sukses dijalankan di BPP Patuk Gunungkidul. Panen yang dilaksanakan di BPP pada Jum’at (03/07/20) menghasilkan 2,13 ton/ha. Hasil panen ini jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan lahan kontrol yang tidak menggunakan Gromaxx. Terbukti pada lahan kontrol hanya menghasilkan kacang kedelai sebanyak 1,34 ton/ha. 

Program demplot merupakan metode penyuluhan langsung kepada petani dengan membuat lahan percontohan untuk mendorong produktivitas sehingga hasil panen lebih maksimal. Gromaxx merupakan produk hasil penelitian bertahun-tahun yang kemudian diproduksi secara besar untuk mengatasi masalah di bidang pertanian seperti rendahnya produktivitas karena penggunaan bahan kimia yang berlebih. Dengan adanya demplot ini, diharapkan produk Gromaxx bisa lebih dikenal oleh petani dan digunakan secara luas di berbagai daerah.

Panen kedelai yang dilakukan di BPP ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto bersama dengan struktural BPP dan perwakilan dari gapoktan di BPP kecamatan Patuk.

Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul menyarankan kepada para PPL untuk menginformasikan kepada petani bahwa ada booster organik dengan nanoteknologi bernama Gromaxx yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas kedelai.

Diharapkan dengan adanya Gromaxx, petani bisa mulai mengubah pola pikir dengan tak lagi menganggap bahwa pertanian harus menggunakan bahan kimia berlebih untuk meningkatkan produktivitas. Melalui program demplot bersama Gromaxx, petani akan diberi bimbingan dan pendampingan tentang pola pengelolaan serta pemupukan. Penggunaan pupuk berimbang menjadi langkah penting untuk meningkatkan hasil panen. Produk Gromaxx yang digunakan pada demplot ini ada 2, yaitu Gromaxx Organic Boost dan Gromaxx Zakti. Gromaxx Organic Boost sendiri merupakan booster yang terbuat dari ekstrak pupuk organik cair berbahan dasar asam humat dari lapisan leonardite dengan teknologi nano, sehingga dapat diserap tanaman dua kali lebih cepat. Karena merupakan produk organik, Gromaxx Organic Boost sangat aman untuk petani, konsumen, dan juga ramah lingkungan. Sedangkan Gromaxx Zakti yang memiliki kandungan aktif Jamur Mikoriza telah banyak terbukti mampu meningkatkan produktivitas, membantu penyerapan air dan nutrisi, serta meningkatkan ketahanan terhadap penyakit dan kekeringan.

Melihat keberhasilan panen kacang kedelai yang dilakukan dengan menggunakan Gromaxx, para petani langsung antusias dan bahkan siap menjadi Agen Andalan Gromaxx. Setelah panen bersama yang dilakukan pada Jum’at (03/07/20), selanjutnya diselenggarakan pula sosialisasi mengenai produk dan hasil demplot. Sosialisasi tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2020 dan ikut mengundang seluruh Gapoktan dari Kecamatan Patuk. Sosialisasi ini adalah wujud keberlanjutan dari program demplot yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Panen kedelai sekarang lebih banyak dan hasilnya lebih bagus,” ujar salah satu petani yang mengikuti program demplot.

Gromaxx.. Hasil Melimpah, Masa Depan Cerah